Senin, 21 September 2015

Besaran Dan Satuan Dalam Fisika


Besaran Dan Satuan
 

Besaran Dan Satuan Fisika


Dalam ilmu fisika dikenal istilah Besaran" dan “Satuan“, kedua istilah dalam bidang fisika tersebut dapat diartikan sebagai berikut. Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur, mempunyai nilai yang dapat dinyatakan dengan angka dan memiliki satuan tertentu. Satuan adalah pernyataan yang menjelaskan arti dari suatu besaran. Pada bab ini akan dijelaskan besaran pokok dan besaran turunan, sedangkan besaran skalar dan besaran vektor akan dijelaskan pada bagian selanjutnya.
Besaran Pokok,Besaran Pokok Dan Satuannya
Besaran pokok merupakan besaran yang dipandang berdiri sendiri dan tidak diturunkan dari besaran lain. Sampai saat ini ditetapkan 7 besaran pokok sebagai berikut :
Tabel Besaran Pokok Dan Satuannya
Besaran Pokok
Satuan
Panjang
Massa
Waktu
Suhu
Kuat Arus Listrik
Kuat Cahaya
Jumlah Zat
kilometer, meter, sentimeter
kilogram , gram , ton
tahun, hari, sekon , menit
fahrenheit , kelvin , celcius
ampere
kandela
mol
Besaran turunan ialah besaran yang diturunkan dan diperoleh dari besaran-besaran pokok Misalkan luas didefinisikan sebagai hasilkali dua besaran panjang (yaitu panjang kali lebar). Jika satuan panjang dan lebar masing-masing adalah meter, maka besaran luas adalah besaran yang mempunyai satuan meter x meter atau m2. Contoh yang lain adalah besaran kecepatan yang diperoleh dari hasil bagi jarak dengan waktu. Jarak merupakan besaran panjang yang mempunyai satuan meter, sedangkan waktu mempunyai satuan sekon. Maka besaran kecepatan merupakan besaran turunan dari besaran pokok panjang dibagi besaran pokok waktu, sehingga satuannya meter/sekon atau m/s. Berikut ini adalah beberapa contoh besaran turunan beserta satuannya.
Tabel Besaran Dan Satuannya
Besaran Turunan
Rumus
Satuan
Volume
Massa Jenis
Percepatan
Gaya
Usaha & Energi
Daya
Tekanan
Muatan Listrik
panjang x lebar x tinggi
massa/volume
kecepatan/waktu
massa x percepatan
gaya x perpindahan
usaha/waktu
gaya/luas
kuat arus x waktu
m3, cm3, liter
kg/m3
m/s2
kg.m/s2, newton
kg.m2/s2, joule
kg.m2/s3, watt
kg/(m.s2), pascal
A.s, coulomb
Sistem Satuan
Sistem satuan yang biasa digunakan pada besaran pokok dan besaran turunan asalah sisitem Satuan Internasional SI atau biasa dikenal sebagai sisitem metrik yaitu meter, kilogram dan sekon yang disingkat MKS. Selain sistem metrik yang lain adalah CGS (centimeter, gram,secon) Adapula British Engineering System yang biasa disebut sebagai sistem FPS (foot, pound, secon)
Tabel Satuan Internasional (SI)
Besaran
SI
Besaran Pokok
Panjang
Massa
Waktu
Suhu
Kuat Arus Listrik
Kuat Cahaya
meter
kilogram
sekon
kelvin
ampere
kandela
Besaran Turunan
Jumlah Zat
Luas
Kecepatan
Volume
Massa Jenis
Percepatan
Gaya
mol
m2
m/s
m3
kg/m3
m/s2
kg.m/s2, N
Pada sistem metrik, satuan yang lebih besar dan lebih kecil didefinisikan dalam kelipatan 10 dari satuan standar. Jadi 1 kilometer (km) adalah 1000 m atau 103m, 1 centimeter (cm) adalah 1/100 m atau 10-2 m dan seterusnya. Awalan “centi”, “kilo”, “mili”, dan yang lainnya dapat diterapkan tidak hanya pada satuan panjang, tetapi juga satuan volume, massa, atau metrik lainnya. Misalnya saja 1 centiliter (cL) adalah 1/1000 liter dan 1 kilogram adalah 1000 gram. Tabel 4 menunjukkan awalan-awalan metrik yang sering digunakan dalam berbagai satuan.
Tabel A
Besaran,besaran adalah,definisi besaran,arti besaran,besaran pokok,besaran turunan,besaran fisika,besaran-besaran dasar,besaran skalar,besaran vektor,satuan,satuan adalah,satuan dasar,satuan pokok,satuan fisika,arti satuan,definisi satuan,pengertian satuan,teori besaran dan satuan fisika,satuan fisika,besaran dan satuan pdf,Tabel Besaran Pokok Dan Satuannya,Besaran Pokok, Besaran Turunan Dan Satuannya,besaran-besaran pokok,Tabel Besaran Turunan Dan Satuannya,Sistem Satuan,Sistem Satuan fisika,Sistem Satuan dasar,Sistem Satuan SI,Sistem Satuan internasional,sistem Satuan Internasional (SI),CGS (centimeter, gram, sekon),sistem metrik,Tabel Awalan Metrik SI



Tidak ada komentar:

Posting Komentar